fbpx

 

Bali Hoster – Berikut ini adalah penjelsan tentang beberapa status domain dari aktif hingga status delete.

Mungkin selama ini tak banyak yang megetahui jika domain memiliki masa aktif tertentu.

Jika kalian lupa memperpanjang layanan domain maka domain itu akan mengalami beberapa tahapan sebelum akhirnya masuk status delet dan dijual kembali.

See also  Branding Diri Lewat Website

Domain Status Aktif

Setelan kaliam membeli sebuah domain dan sudah menyelesaikan proses administari, maka domain tersebut akan berstatus aktif. Dari area dashboar atau client area, kalian bisa melakukan modifikasi yang diperlukan.

Domain Expired

Jika kalian tidak melakukan perpanjang pada domain tersebut maka yang akan terjadi adalah domain tersebut memasuki masa expired.

Yang terjadi saat masa expired adalah website tidak bisa diakses. Ketika memasuki masa expired, domain tidak serta-merta bisa langsung di pesan ulang. Domain ini akan melewati beberapa tahapan sebelum kembali berstatus avaible atau tersedia.

See also  Perbedaan Hosting Unlimited dan Limited

Secara pasti, domain yang memasuki masa expired dan tidak diperpanjang oleh pemiliknya baru bisa kembali tersedia setelah 80 hari atau sekitar 3 bulan setelah masa aktif domain itu dinyatakan habis.

Tahap Renewal Grace Period (30-40 Hari)

Pada tahap ini, posisi domain berstatus kadaluarsa dan ini adalah siklus petama yang harus dilalui. Durasi 30 hingga 40 hari merupakan perkiraan karena hal ini bergantung juga pada kebijakan dari penyedia domain. Pada tahapan ini, pemilik domain masih bisa memperpanjangnya dengan biaya normal.

See also  Tantangan Pasca Website Online, SEO Jawabannya!

Redemption Grace Period (30 Hari)

Pada status Redemption Grace Period, domain dihapus secara manual oleh domain registrar. Pada status Redemption Grace Period ini domain tidak bisa diakses dan tidak bisa diparkir atau parked.

See also  Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Namun kabar baiknya adalah, saat status Redemption Grace Period pemilik domain masih bisa memperpanjang domain tersebut dengan harga yang tegolong tinggi.

Pending Delete (5-7 Hari)

Ketika domain tersebut tetap tidak diperpanjang oleh sang pemilik, maka siklus berikut adalah memasuki pending delete. Pada posisi ini, kepemilikan atas domain akan memasuki tahap penghapusan secara permanen. Jika melewati 5 atau 7 hari, domain tersebut akan berstatus available kembali.

See also  Cpanel : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Available for Registration

Tahap Available for Registration ini merupakan tahap baru dari domain tersebut, di mana domain tadi diperjual belikan kembali.

See also  Tantangan Pasca Website Online, SEO Jawabannya!

Gimana, sudah tahu kan tahapan domain sebelum berstatu Available for Registration kembali. ***

Bangun Situs Anda dengan Bali Hoster

dari pemula hingga profesional, kami membantu Anda!