fbpx

Pengertian cPanel dan bagaimana cara menggunakan cpanel tersebut. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan cPanel?? Apa Fungsi dari cPanel? apa yang Bisa dilakukan pada cPanel Hosting? dan bagaimana cara mengakses ke cPanel??

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak dan baca sampai selsai artikel ini!

Pengertian cPanel

cPanel adalah suatu kontrol panel dari web hosting memiliki fungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Menurut Wikipedia, cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centos, Red Hat Linux, dan FreeBSD.

cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, mySQL,Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Berikut adalah gambar dari tampilan cPanel Hosting.

Tampilan cPanel

Sebenarnya cPanel bukan merupakan satu-satunya kontrol panel pada hosting, masih ada banyak lagi seperti Vdeck, Plesk, sPanel, DirectAdmin, dan sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan dan populer adalah cPanel.

Tampilan cPanel yang sederhana dan secara reguler terus di update untuk meningkatkan kemudahan dan keamanan, sehingga banyak perusahaan web hosting yang menggunakan cPanel untuk membantu pelanggan mengelola situs website mereka sendiri.

Apa Fungsi cPanel? {#apa-fungsi-cpanel-?}

Fungsi cPanel secara umum yaitu untuk mempermudah pengelolaan website yang ada dalam akun hosting.

Fungsi lain dari cPanel adalah sebagai berikut:
1. Mempermudah proses manajemen web hosting
2. Mempermudah customer dalam melakukan setting website
3. Mempermudah pengelolaan email
4. Mengatur pengelolaan domain seperti pembuatan subdomain, addon 
   domain dan sebagainya
5. Melakukan pengaturan file
6. Mempermudah dalam manajemen database website
7. Memudahkan konfigurasi yang berkaitan dengan domain dan hosting

cPanel sangat memudahkan konfigurasi yang berkaitan dengan domain dan hosting. Berikut adalah perbandingan tampilan menggunakan cPanel dan dengan kontrol panel lain

Tampilan cPanel untuk mengakses file manager:

tampilan konfigurasi file manajer

Tampilan teks perintah, yang fungsinya sama untuk mengakses file manager

tampilan teks perintah

Jika belum pernah menggunakan Linux, maka akan bingung jika melihat gambar kedua di atas. Sebenarnya kedua gambar di atas merupakan gambar yang menampilkan file website, tetapi untuk gambar kedua menggunakan teks perintah untuk mengakses.

Fungsi-fungsi Dasar Pada cPanel

Sebelum kita melakukan pengelolaan di cPanel, terlebih dahulu kita harus mengetahui Fungsi-fungsi Dasar Pada cPanel, yaitu:

Bagian paling atas sebelah kanan cPanel, Anda akan menemukan “search features”, account management, notifications dan log out.

navigation bar

Bagian paling atas sebelah kiri, kamu dapat melakukan pencarian suatu fungsi, kamu hanya mengetik fungsi apa yang ingin kamu cari.

search bar
  1. Search Features: sama seperti search bar di kiri atas, perbedannya yaitu search features akan terus muncul ketika kamu membuka halaman manapun pada cPanel.
  2. Account Management: kamu dapat dengan mudah menemukan pengaturan utama, seperti mengganti password cPanel, mengganti bahasa, mengganti theme/tampilan cPanel, melihat informasi kontak (email yang digunakan pada cPanel) dan juga melakukan reset seluruh pengaturan dengan satu kali klik.
  3. Notifications: untuk memberitahu jika ada update tertentu pada cPanel dan informasi lainnya yang berkaitan dengan cPanel.
  4. Logout: jika sudah selesai menggunakan cPanel, untuk keamanan sebaiknya langsung logout cPanel

pojok kiri atas tampilan ada dua icons. Bagian atas adalah icon “home” dan bagian bawah icon “user manager”.

left sidebar
  1. Home: untuk kembali pada halaman homepage atau halaman utama cPanel.
  2. User Manager: untuk menambahkan atau membuang users dari account kamu. User Manager juga dapat melihat email apa saja yang sudah dibuat, dan users mana yang mempunyai akses ke FTP dan web disk kamu, jika berbagi account hosting dengan users atau admins lain.

Sebelah kanan cPanel, terdapat dua features lainnya, yaitu general information dan statistics.

right sidebar
  1. General Information: kamu dapat melihat informasi umum yang terdapat pada cPanel kamu, seperti users yang sedang digunakan, domain utama pada cPanel, informasi last login, juga terdapat link yang mengarah ke informasi server hosting kamu.
  2. Statistics: informasi yang terkait resources yang sudah digunakan, seperti jumlah bandwidth yang terpakai, jumlah penggunaan disk/storage, penggunaan CPU, RAM, dll.

Apa Yang Bisa Saya Lakukan di cPanel Hosting? {#apa-yang-bisa-saya-lakukan-di-cpanel-hosting-?}

Sebelum menggunakan cPanel dan melakukan konfigurasi didalamnya, kamu harus mengetahui fitur-fitur yang terdapat di cPanel. cPanel memiliki fitur lengkap, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan untuk mengembangkan website yang menarik dan aman.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan dalam pengeloaan di cPanel hosting seperti pengelolaan file, database, email, domain, scan virus bahkan melakukan pengamanan hosting.

Pengelolaan File

Hanya dengan menu File Manager kamu bisa melakukan semuanya dengan mudah, kamu tidak perlu masuk ke server jika hanya memindahkan file, membuat file baru, melakukan upload file website dan sebagainya. Terdapat menu backup dan file restoration yang memudahkan dalam proses backup restore. Jika ingin mengetahui kapasitas hosting yang masih bisa digunakan Kamu bisa klik Menu Disk Usage.

Fitur pengelolaan file bisa juga digunakan untuk menghapus, menyunting, dan menyalin file website yang ada di hosting. Selain itu, terdapat juga pengaturan FTP yang bisa digunakan untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus login cPanel terlebih dahulu.

Pengelolaan file

Pengelolaan Database

Database merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari website. Akan lebih sulit jika kita membuat database secara manual, tetapi dengan cPanel hosting maka akan jauh lebih mudah. Ada 2 macam database yang bisa digunakan seperti MySQL dan PostgreSQL. Terdapat juga menu phpMyAdmin, phpPgAdmin, hingga remote MySQL.

Pada menu database terdapat fitur addon domain, subdomain, redirect, dan lain sebagainya. Fitur yang tersedia di sana dimanfaatkan untuk mengatur bagaimana cPanel menangani permintaan pada saat browser mengakses domain.

Pengelolaan database

Pengelolaan Domain

Fitur yang tersedia di domain dapat dimanfaatkan untuk mengatur bagaimana cPanel menangani permintaan pada saat browser mengakses domain kamu. Kamu bisa membuat addon domain, membuat subdomain, redirect domain, setting Aliases dan setting DNS. Setting DNS ini sangat berfungsi buat kamu yang ingin mengarahkan domain ke server lain, melakukan custom domain atau mengarahkan domain ke hosting. Untuk setting DNS, silahkan pilih Zone Editor buat kamu yang masih pemula.

Pengelolaan domains

Pengelolaan Email

cPanel menyediakan menu berisi beragam fitur yang berhubungan dengan email. kamu dapat membuat alamat email baru, membuka dan melihat email masuk, lengkap dengan kapasitas penyimpanan yang dipakai pada setiap akun email. berikut beberapa fungsinya:

  1. Email account : untuk membuat email dengan domain sendiri
  2. Autoresponders: untuk membuat balasan email secara otomatis
  3. Email Filters untuk menyaring email yang masuk
Pengelolaan email

Grafik dan Data

Pada menu Metric, Kamu bisa melihat grafik dan data dari website.

  1. visitor: untuk meilhat data pengunjung website setiap bulan
  2. Errors, awstats, dam webalizer: untuk melihat log website
  3. Bandwidth : untuk mengetahui bandwidth yang sedang berjalan
Grafik dan data

Pengelolaan Security

cPanel mempermudah pekerjaan dalam mengatur keamanan pada website sehingga kamu dapat terhindar dari tindak kejahatan di dunia maya. Kamu juga dapat menginstal SSL pada menu ini. Keamanan yang dimaksud adalah keamanan engkripsi SSL yang dapat mengenkripsi pertukaran data yang terjadi pada halaman website.

Kamu juga bisa melakukan kontrol terhadap server dengan menggunakan SSH Access. Tetapi SSH hanya bisa dilakukan minimal Paket Hosting Super. Pengelolaan security terdapat pada menu Hotlink Protection dan IP Blocker. Kamu bisa memblokir IP tertentu yang terindikasi spamming website menggunakan IP Blocker.

pengelolaan security

Mengubah Password, Data User, Bahasa dan Tampilan

Kamu bisa mengubah tampilan cPanel Hosting, jika bosan dengan yang lama. Kamu juga bisa mengubah password dan data user hosting langsung di cPanel. Kamu juga bisa ubah pengaturan bahasa di Menu Change Language.

preferences
KESIMPULAN

Cpanel tentu memudahkan kita sebagai pengguna untuk mengelola website kita dari sisi beckend.

Bangun Situs Anda dengan Bali Hoster

dari pemula hingga profesional, kami membantu Anda!